Wednesday, November 25, 2015

Kriteria Kerja yang.......

Sebenarnya apa yang membuat kita tetap bekerja (kerja: kegiatan melakukan sesuatu)?

Yang kurasakan selama ini akhirnya kerja itu saya bagi menjadi 3 kriteria:

1. Kerja karena saya senang melakukannya.
Dalam kriteria ini saya biasanya melakukan kegiatan karena saya sendiri ingin melakukannya sendiri entah itu ada untungnya (untung secara materiil dan inmateriil) secara langsung maupun tidak langsung. Di kriteria ini saya sama sekali tidak mendapatkan tekanan ketika melakukannya, baik dengan keberhasilan maupun dalam kegagalan yang saya rasakan tetap rasa kepuasan itu hasilnya.


2. Kerja karena saya senang mendapatkan hasil dari proses saya bekerja.
Kriteria ini membawa saya melakukan sesuatu kegiatan karena saya mendapat iming-iming hasil dari proses kerja  ini menguntungkan saya,entah itu dalam bentuk materiil maupun inmateriil. Namun saya akan kecewa jika hasilnya gagal,walaupun prosesnya sangat baik karena dalam melakukan kegiatan ini tujuan saya adalah hasil walau saya senang dalam proses yang saya alami. Saya mendapatkan tekanan jika tidak berhasil dalam melakukan kegiatan ini. Tekanan ini saya dapatkan dari dalam diri saya sendiri dan juga dari luar jika hasil kerja yang saya lakukan berkaitan dengan luar diri saya.

3. Kerja karena hasil.
Kriteria ini saya lakukan kebanyakan karena hasilnya cukup materiil bagi saya, bisa itu karena hasilnya uang, barang tertentu yang berharga bagi saya (berarti jelas ya kalau disini saya kerja karena keuntungan materiil). Dalam melakukan kegiatan di kriteria ini saya tidak mengambil pertimbangan apakah prosesnya itu saya senangi atau tidak, yang jelas tujuan utama adalah hasil. Proses saya senangi atau tidak bukan berarti saya kemudian menghalalkan segala cara tetapi lebih pada masalah suka dan tidak suka saja. Kriteria ini yang kadang saya takut alami secara tidak sadar atau sadar karena iming-iming keuntungannya bisa memenuhi semua keinginan materiil saya jika fokus saya adalah hasil. Dalam kriteria ini biasanya menyangkut diluar diri saya sehingga tekanan dari luar itu begitu besar, jika tekanan ini terlalu besar mungkin bisa keluar ide untuk korupsi dan lain-lain itu.


Kriteria-kriteria itu yang selama ini menjadi alasan-alasan saya untuk berpindah kerja, secara tidak sadar saya selalu mempertimbangkan mana dari ketiga kriteria itu yang dominan, selain saat ini saya akan mengambil porsi yang cukup besar untuk memperoleh hasil yang menguntungkan dari proses kerja saya. Banyak kesenangan-kesenangan dan kerelaan yang saya toleransi untuk saya bekerja saat ini. Tentunya saya kerja juga tidak melulu yang menguntungkan materiil saja (walau sekarang tidak dipungkiri bahwa porsinya cukup besar), yang saya pertimbangkan juga apakah tempat saya bekerja juga menguntungkan untuk menambah pengetahuan saya (yang akhirnya saya sadari dengan ini saya diuntungkan agar nilai tawar saya dalam hal materiil di tempat kerja yang berikutnya bisa lebih tinggi :D tetap ya rupanya kembali ke masalah materiil).

Pada titik berikutnya saya ingin bahwa bekerja karena benar-benar saya senang melakukannya dan keuntungan itu datang dari sebuah rasa menghargai yang seimbang dari energi yang saya keluarkan baik secara materiil dan inmateriil. Semoga saya tidak terjebak dalam motivasi semu dalam mencapai tujuan dan proses yang saya alami.

AMDG 

Lama ngga bergumam dalam tulisan dan tulisan ini kayaknya lama dalam bentuk draft dan belum diterbitkan.


No comments:

Post a Comment